Koperasi Karangasem membangun di Blokir….

Hari ini, Sabtu (21-2-09) penulis bangun agak siang, kerena kemarinnya penulis sibuk keliling karangasem untuk mengawasi perkembangan KKM, bahkan sampai malam hari, sampai-sampai penulis kehujanan, becek, ga da ojek.. (eh.. kok kaya lagu)

Perlu penulis jelaskan, pada hari Jumat (20-02-09) sekitar jam 2 siang, KKM masih berjalan normal.. soalnya penulis ikut salah satu temen yang narik uang di stokis KKM. tapi tiba-tiba sekitar pukul 2 lebih, ada atasan penulis yang nelpon ke polres Karangasem nanya masalah KKM, pertamanya sich penulis ga Ngeh, selanjutnya selang 5 menit kemudian temen penulis yang ikut invest di KKM nelpon, nanyain masalah KKM yang direktur dan managernya di tangkap Polda Bali.. Akhirnya penulis keluar carai informasi.

pada saat keluar dari kantor penulis, penulis liat banyak polisi berjaga-jaga sampai-sampai jalanan dialihkan karena macet, tumben nich jalanan macet di karangasem. akhirnya penulis dapat menerobos sampai di depan kantor KKM di Subagan, kalingan ditu, polisine liu sajan, masyarakat (nasabah KKM) juga sangat banyak disana.  setelah tanya sana-tanya sini penulis akhirnya tau kalo masyarakat resah karena operasional KKM juga di blokir oleh polisi. masyarakat takut kalo uang yang mereka invest akan hilang. jadi rame deh. bahkan masyarakat sempat rencananya mau berunjuk rasa, bahkan berisi acara bajak-bajakan mobil polisi lagi.. pokonya seru deh… namun akhirnya masyarakat dapat ditenangkan.

Sampai malam hari masyarakat yang menaruh uang di KKM masih banyak yang berdatangan. penulis pura-pura ga tau aja, dan naya lagi.. pak ada apa? jawab beberapa masyarakat katanya KKM di grebek polisi karena ada indikasi penyelewengan, lalu mereka menyayangkan tindakan polisi yang menggerebek KKM seperti menggerebek pabrik ekstasi. mereka menanyakan apa ga bisa yang dipanggil pengurusnya saja, trus dilakukan tindakan yang biasa-biasa saja sehingga masyarakat tidak panik…?

akhirnya penulis menanyakan hal tersebut dengan salah seorang polisi yang ada disana, jawabnya simpel.. maaf saya tidak tau, saya hanya menjalankan perintah…

hmm ..benar juga ya……?

tapi banyak juga kok masayarakat yang berkomentar dan bertanya? emang KKM melakukan salah apa? memang KKM merugikan sapa? trus sapa yang melaporkan hal ini, kok tiba-tiba polisi datang, dan terjadi seperti ini?

pembaca yang budiman kalo ada yang tau .. mohon komentarnya..!!!!!!!!!!

dan akhirnya penulis bangun kesiangan ga sempat update berita, ga sempat makan pagi. dan lain-lain.
sampai berita ini diturunkan penulis masih melihat banyak polisi yang berjaga di kantor KKM di Subagan tampak juga beberapa masyarakat yang sekedar berkumpul atau apalah, penulis ga sempet turun dan bertanya….. maaf berita kurang jelas.. penulis pengeng juga soalnya ada temen penulis yang nitip ma penulis untuk investkan uang di KKM pake nama penulis, kenkenang nguliang ne…?

bantuin penulis dong…..

Akhir kata, apakah ini akhir dari Koperasi Karangasem Membangun? Komentarnya lagi dong….

Inggih Dumogi Gumi Bali Ajeg lan Kerta Raharja

16 Komentar »

  1. I made Depin astawa Said:

    Kenapa mesti orang yang membangun daerahnya di tangkap, kenapa ngk yang koropsi uang negara segera diadili, saya rasa pemerintah harus menyikapi yang real saja, nyata- nyata bikin masyarakat makmur diadili, sedangkan yang bikin rakyat sengsara di biarkan. KKM ngk salah aturan dan undang-undang yang salah, KKM ini sudah berjalan du tahun kok baru sekarang di lihat, kenapa ngk dari dulu, kasian masyarakat, sebenarnya dari dulu sebelum masyarakat percaya kepada kkm, saat itu seharusnya undang -undang di tegakkan

  2. KETUT LEMPOD Said:

    Memang benar,kenapa cara yang dilakukan polisi seperti menggrebek bandar ekstasi??????
    Andaikan saja caranya persuasif-pentolan KKM dipanggil dan ditanya dulu-bagaimana caranya melakukan usaha koperasi itu sampai bisa memberikan bunga/jasa sampai 150%. Maka kehebohan tidak akan seperti ini. Seolah olah pihak polisi ingin cari nama biar di anggap tegas kali ya. Padahal cara seperti itu meresahkan masyarakat.
    Nah kalau setelah ditanya dan kemudian dijelaskan secara mendetail ternyata tidak masuk akal dan merugikan masyarakat banyak, baru kemudial diambil langkah-langkah yang diperlukan.
    Kalau sekarang disalahkan masyarakat katanya tidak berhati hati, lha wong koperasi itu beroperasi ada ijinnya. Masyarakat ya percaya saja dong. Semestinya pihak pemerintah yang lebih cepat dan jeli melihat sepak terjang Koperasi itu. Itulah salah satu tugas pemerinah.
    Jadi sejak dini sesuatu yang menyalahi aturan itu sudah di antisipasi,
    tidak seperti sekarang setelah uang masyarakat telah dikuasai dalam jumlah yang sangat besar baru ada tindakan yang meresahkan lagi.
    Nah itu jika memang koperasi itu merugikan masyarakat.
    Tapi sekarang masalahnya-apa benar sistem kerja KKM itu sistem MLM yang digunakan???? kalau ya weleh-weleh, berarti pemkab sangat terlambat deh dalam mengantisipasi persoalan.
    Kenapa bisa kecolongan seperti ini????? inilah pengalaman untuk kedepan.
    Tapi jika sistem yang digunakan bukan MLM-dan masuk akal-tidak ada indikasi merugikan msyarakat-apakah KKM juga akan ditutup lantaran tidak punya ijin investasi?????, jika ya tentu masyarakat rugi lagi nih. Namun semestinya urus saja syarat ijinnya. ya….ga…..tuh….
    puyeng nih soalnya baru ikut invest lumayan 100 jt….uekek….kek…

  3. nyoman Said:

    Menurut saya sampai saat ini masyarakat masih dibuat bingung dengan beragam pernyataan yang ada di media, lebih2 pernyataan dari yang punya andil dlm penegakan hukum. Bolehkan saya contohkan ?
    1) nasabah diharap tenang uang akan dikembalikan. katanya masih mengecek/mengaudit aset. mengembalikan disini apa sesuai dengan kemampuan aset KKM atau jika kurang akan ada suntikan dana dari BI atau mungkin Pemda sendiri, shg 100% dana nasabah bisa dikembalikan. bingung kaaan?
    2) Katanya KKM menipu nasabah, memakai sistem MLM, dll yg beritanya sangat negatif. bukankah itu sepihak atau paling tidak dibuktikan dululah dg hasil audit diumumkan kpd masyarakat baru deh buat pernyataan2 yang seperti itu. Kalau dibilang menipu, supaya kita percaya paling tidak kita tahu brp aset KKM yg sdh terlacak, kemudian brpa kewajiban KKM kpd nasabah khususnya yang sama sekali blm menerima pengembalian istilahnya play. Jika terjadi surplus apa saudara percaya KKM itu penipu. Kan ada salah satu pasal dlm perjanjian jika dlm waktu 4 bln KKM tdk memapu memberikan keuntungan pengembalian 150% utk tahap I, maka KKM wajib mengembalikan dana nasabah sebesar yg diinvestasikan. Nah sekarang nguji pasal itu lho. Jika tercukupi atau bahkan surplus kata penipu itu mungkin kurang tepat. Tapi jika terjadi mines atas kewajiban itum ,aka pasal itu sdh akan tdk bisa dipenuhi 100%, kita nasabah berterima kasih sekali kpd penegak hukum atas sikap yang diambil. Sebab sdh pasti jika tdk sekarang tinggal menunggu waktu utk meledak terjadi gejolak sosial yg lebih besar lagi. Sekali lagi kita terima kasih. Yg buat bingung kan pernyataannya, KKM menipu disisi lain bilang aset KKM cukup utk membayar dana nasabah. terus siapa yang ditipu kalau begitu. Tapi yg terpenting sekarang semestinya buat pernyataan yang menyejukkan, jgn malah buat masyarakat tambah bingung.
    sekian terima kasih dan maaf jika ada yang kurang berkenan, bukan bermaksud utk menginggung siapa2. Ini berdasarkan hati nurani atas keprihatinan dg situasi yang ada di Karangasem.

  4. Hari Said:

    KKM Yes!!!!!!!!!!!!!!

  5. Hari Said:

    Bagi Kami KKM Memang benar2 membangun karangasem, buktinya orang2 yang dulunya gak bisa beli beras, sekarang bisa mandi beras…. moga KKM tetap berdiri demi kehidupan masyarakat karangasem yang lebih baik.

  6. yan jongos Said:

    KKM adalah “harga mati”
    Jangan tutup KKM kami!!

    Pembredelan KKM dgn gaya kekerasan adalah suatu strategi politik untuk membunuh karakter pimpinan KKM..
    Lepaskan kertia!! KKM jalan terus!! Cuma KKM yang tahu cara mengembalikan uang nasabah!!

    karena KKM, perekonomian karangasem mulai bangkit!
    Rakyat bergairah, anak-anak bisa bersekolah tinggi, pengangguran berkurang karena banyak ada peluang usaha mikro, gepeng-gepeng berkurang, karangasem yang biasanya menjadi kota mati (karena jam 8 malam sudah sepi) sekarang menjadi ramai.. >>SIAPA BILANG JD MALAS??

    INGAT, KKM beroperasi sejak 3 tahun, dan tetap ada sampai sekarang sebelum di kudeta oleh aparat.

  7. Marni Said:

    Apa yang terjadi di Karangasem sangat memalukan. Aparat keamanan pemerintah melakukan “show” besar. Untuk apa? Agar pihak-pihak tertentu mendapat keuntungan? Lihat negara Europa. Mereka akan mentertawakan kalian. Akan dicap sebagai Negara Tidak stabil. Pemerintahan dibentuk untuk melindungi Masyarakat dalah hal apapun, kan? Tolong Bapak-Bapak di atas sana, tunjukkan kepintaran kalian untuk membangun negara, mengayomi masyarakat kecil. Realisasikanlah kata Demokrasi .

  8. iva Said:

    kalo memang benar tidak sesuai aturan pasti udah lama di blokir. tapi karna ada kepentingan2 pribadi di nikmati dulu. banyak pejabat dan anggota uda merasakan. ya ngga? sekarang siapa yg untung siapa yg rugi bisa dinilai.ya ngga?

  9. Om Swastyastu,
    Dumogi Bali tetap Ajeg,
    Saya secara pribadi berharap agar masyarakat tetap tabah dan tenang menghadapi keadaan ini dan tidak melakukan hal-hal yang dapat mengubah citra pribadi
    Om Shanti, Shanti, Shanti, Om

  10. busset Said:

    Sodara-sodaraku yang dananya masih belum jelas di KKM ,kita semua senasib sepenanggungan. Hyang Widi sedang “memeluk” kita ,cobaan jangan dihadapi dengan emosi,marah dan hasutan…,dekatkan diri padaNya karena awal dan akhir semua dari pada Nya. Hyang Widhi tidak akan memberikan “cobaan” diluar batas kemampuan para hambanya,berpikirlah yang jernih bayangkan syukur kita atas segala indah bahagia yang telah Beliau berikan kepada kita. Jangan ada penyeselan,jangan ada frustasi apalagi menyakiti diri sendiri. Yakinlah Karangasem akan bangkit kembali,dengan keyakinan kita bisa merubah segalanya, dengan percaya kita bisa menciptakan segalanya.Pikiran yang baik akan menjadikan masa depan kita menjadi baik.perbuatan yang baik akan mendapat karma yang baik.berkata yang baik akan menjadikan kita Manusia yang baik.
    Pasrah,eling,berdoa, tetap semangat bekerja sampai akhir hayat kita…….

  11. kreny Said:

    jadi bingung…
    koperasi udah lama berdiri… tapi napa baru sekarang di permasalahkan???
    selama berdiri (sebelum dipermasalahkan) nasabah kayaknya ga pernah merasa rugi, justru diuntungkan… napa sekarang pihak tertentu yg merasa rugi…
    atau ada indikasi kalo’ yg mempermasalahkan KKM itu sebenarnya saingan usaha KKM????? mungkin ga???
    kalo’ emang niat nipu, napa terang2an ada bangunan dan ijin usaha segala??? masih lebih berani KKM donk daripada investasi online, yang ga jelas alamat, atasan, karyawannya kayak gimana….

    kalo’ emang KKM benar benar nipu, untuk petinggi KKM dan jajarannnya (hee) cepat kembaliin donk uang nasabah… kasian warga karangasem…

    trus buat pak pol dan jajaran yg terkait yg menangani kasus ini, yang ADIL ya…

    saya bukan warga karangasem, tapi saya ikut berdoa,.
    dan ingat KARMA itu ada…

    GOD BLESS WITH U

    suksma.

  12. Monday Said:

    Saya setuju dengan komentar Kreny.

  13. pak de be brand Said:

    tulong pak… pis tiang kembalikan, apang ade anggo masang togel.
    KKM tutup.. sing ade apa de….

  14. pak de be brand Said:

    pak polisi, pake dong asas praduga tak bersalah. teliti dulu baru ambil tindakan. pengerebekan KKM seakan akan cuma over action polisi gen. kalo memang KKM salah knp baru sekarang, knp tidak dari awal aja??? jangan jangan ada muatan politiknya ??? kalo bener seperti itu,,,, tulah idup cai ajak mekejang….
    rakyat sengsara akibat politik kalian semua…. hidup KKM ingat pilih KKM cukup contreng tidak usah coblos. Jika terpilih akan ada KKM yang baru… Kumpulan Karangasem Menderita ahik… ahik… ahik…. Pis pis cang ngudiang cai ngurus, kadung 1500% yan KKM nyidang mayah cai kel ngujiang??? yan dot mai bareng nabung di KKM baru. OK peace…..

  15. Lengeh ci Said:

    Melihat informasi yang sangat simpang siur, apa lagi ada penggelembungan nasabah, yg se olah2 KKM tidak mampu bayar, Kapolda bilang tidak menjamin dana nasabah yang di sita artinya sudah banyak yang hilang, ada yang lihat duit berceceran dan di masukan ke kantong oleh aparat, cang yakin KKM sudah di rampok oleh pejabat yang berkuasa, lihat saja Kapoldanya yang dari aceh itu sing nawang ape, keken anak di karangasem, bingung jani, saling lempar tanggung jawab.

  16. Nyoman Said:

    Selesaikan Kapoldanya secara adat Karangasem, berani bener ngerecokin warga yang sedang membangun. Nunas ice ring Hyang Widhi mangde Kapolda Eling napi s nike pelih.ane tindakannya sami


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: